Menaker Ida Dukung Langkah Pemprov Kepri Tingkatkan Kompetensi SDM Lewat BLK Karimun

Menaker Ida Dukung Langkah Pemprov Kepri Tingkatkan Kompetensi SDM Lewat BLK Karimun
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat menerima kunjungan Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad di kantor Kemnaker, Jakarta, Kamis (22/2). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mendukung langkah Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) untuk terus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) melalui Balai Latihan Kerja (BLK) di Karimun.

Dukungan tersebut disampaikan Menaker Ida Fauziyah saat menerima kunjungan Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyusul selesainya pembangunan gedung bengkel kerja (workshop) BLK Karimun pada Desember 2023 lalu.

"Kemnaker berkomitmen untuk menjaga, mengembangkan, dan meningkatkan kompetensi SDM di Indonesia melalui pelatihan yang diselenggarakan di BLK Karimun," kata Menaker Ida Fauziyah di kantor Kemnaker, Jakarta, Kamis (22/2).

Menaker Ida Fauziyah berharap program pelatihan Workshop BLK Karimun dibuat relevan dengan kebutuhan pasar kerja lokal, tanggap peluang dan potensi, kreatif dan inovatif, serta memperbanyak jejaring kerja sama dengan sektor industri.

"Kami berharap Workshop Karimun mampu mengasah kemampuan dan keterampilan masyarakat Karimun sehingga melahirkan SDM atau tenaga kerja terampil dan profesional sesuai kebutuhan dunia industri," ujar Menaker Ida.

Dia menegaskan Kemnaker akan mendukung kebutuhan peralatan yang dibutuhkan BLK Karimun guna mendukung peningkatan kompetensi dan keahlian tenaga kerja lokal.
Menaker Ida Fauziyah menilai dukungan sarana dan prasarana serta instruktur profesional menjadi modal awal peningkatan keahlian.

Sementara itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad berharap dukungan Kemnaker dapat segera direalisasikan dengan memberikan berbagai kebutuhan peralatan untuk mendukung dan menunjang pelatihan di Workshop BLK Karimun.

"Terutama dukungan peralatan teknis listrik dan teknik las sesuai kejuruan yang dibuka Workshop BLK Karimun di tahap awal dan kejuruan paling dibutuhkan masyarakat lokal," kata Gubernur Kepri. (mrk/jpnn)

Menaker Ida menyampaikan komitmen Kemnaker mendukung peningkatan kompetensi SDM, salah satunya melalui pelatihan yang diselenggarakan di BLK Karimun


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News