Menaker Ida Pengin BLK Banyuwangi menjadi Garda Terdepan Mencetak SDM Unggul  

Menaker Ida Pengin BLK Banyuwangi menjadi Garda Terdepan Mencetak SDM Unggul  
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah meminta BLK, khususnya BLK Banyuwangi, Jawa Timur, menjadi garda terdepan mencetak SDM unggul dan kompetitif. Foto: Kemnaker.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyatakan pandemi Covid-19 harus dijadikan momentum tepat memperbaiki ekosistem pelatihan secara nasional.

Menurut dia, kondisi sekarang ini harus menyadarkan semua pihak betapa pentingnya sumber daya manusia (SDM) yang tangguh, mampu bergerak dengan cara-cara luar biasa, dan beradaptasi menghadapi kesulitan sehingga dapat unggul dalam persaingan.

"Balai Latihan Kerja terutama BLK Banyuwangi harus berada di garda terdepan dalam menciptakan SDM unggul dan kompetitif saat ini dan di masa yang akan datang," kata Menaker Ida saat berdialog dengan stakeholders di BLK Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (2/4).

Menurut Ida, dalam ikhtiar menjadi garda terdepan tersebut, BLK harus terus membangun kolaborasi dan meluaskan jejaring baik dengan pemerintah daerah, institusi, maupun industri yang ada.

Dia menambahkan kerja sama itu menjadi lokomotif dalam penciptaan inovasi dan kreativitas yang memiliki nilai tambah bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat dengan menghasikan SDM yang kompeten.

Lebih lanjut Menaker Ida mengatakan, peningkatan dan pengembangan prasarana yang telah dilakukan harus menjadi pemicu bagi BLK, termasuk di Banyuwangi dalam peningkatan kualitas pelayanan baik bagi masyarakat, peserta pelatihan, dan para stakeholders.

"Kemudahan untuk mengases informasi terkait dengan program yang ada di BLK Banyuwangi, serta peningkatan pelayanan pelatihan berbasis kompentensi harus dapat dilaksanakan dengan baik oleh BLK Banyuwangi," ucapnya.

Usai berdialog dengan stakeholders, Menaker Ida menandatanganai Prasasti Kios 3 in 1, Musala Al-Ikhlas, dan Gedung Kejuruan Pariwisata,  kemudian melakukan penanaman pohon, dan meninjau workshop yang ada di BLK Banyuwangi.

Seperti diketahui, BLK Banyuwangi hingga 2020 memiliki enam kejuruan, terdiri dari kejuruan pariwisata, processing, garmen, otomotif, pertanian, dan TIK. Dari enam itu, kejuruan pariwisata menjadi andalan BLK Banyuwangi. (*/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Menurut Menaker Ida, dalam ikhtiar menjadi garda terdepan tersebut, BLK harus terus membangun kolaborasi dan meluaskan jejaring baik dengan pemerintah daerah, institusi, maupun industri yang ada.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News