Menaker Sambut Tawaran Pelatihan Green Energy dan Kendaraan Listrik dari WIFI Burgenland

Menaker Sambut Tawaran Pelatihan Green Energy dan Kendaraan Listrik dari WIFI Burgenland
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengunjungi Pusat Pelatihan Vokasi WIFI Burgenland di Eisenstadt, Austria, Selasa (14/6). Foto: Dokumentasi Kemnaker

jpnn.com, AUSTRIA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengunjungi Pusat Pelatihan Vokasi WIFI Burgenland di Eisenstadt, Austria, Selasa (14/6).

WIFI Burgenland yang didirikan Kamar Dagang Industri Austria memiliki standar pelatihan yang diakui oleh dunia industri.

Pada kunjungan tersebut, Menaker Ida Fauziyah menyambut baik tawaran dari WIFI Burgenland untuk melakukan kerja sama pengembangan program pelatihan di bidang green energy dan kendaraan listrik.

Mantan anggota DPR itu juga mengungkapkan keinginannya belajar dari WIFI mengenai cara mendorong partisipasi industri untuk terlibat dalam pengembangan pelatihan vokasi.

"Saya ingin belajar dari WIFI Burgenland bagaimana mendorong partisipasi industri untuk terlibat dalam pengembangan pelatihan vokasi, terutama di bidang green energy dan kendaraan listrik," ujar Menaker Ida.

Menaker Ida mengatakan dari kerja sama Development Maritime VTC yang dibiayai melalui pinjaman lunak Pemerintah Austria pada 2021, instruktur dari BBPVP Medan dan BBPVP Serang dikirim ke Pusat Pelatihan Vokasi WIFI untuk mengikuti training of trainers.

"Kami melihat bahwa kompetensi instruktur sangat menentukan terhadap kualitas lulusan pelatihan," kata Menaker Ida.

Kompetensi ini, kata Menaker Ida, tidak hanya berbentuk hard skill, tetapi juga soft skill.

Menaker Ida Fauziyah menyambut tawaran pelatihan green energy dan kendaraan listrik dari WIFI Burgenland

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News