Menang Karena Syaukani Pulang

Menang Karena Syaukani Pulang
Menang Karena Syaukani Pulang
TENGGARONG -- Kepulangan mantan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Syaukani Hasan Rais dinilai punya andil besar bagi kemenangan pasangan Rita Widyasari-HM Ghufron Yusuf, yang berdasar hasil perhitungan sementara KPU Kukar, meraih suara di atas 50 persen. Menurut pengamat politik dari Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Sudirman, hal ini lantaran Syaukani masih punya massa riil yang cukup besar. Suara pendukung Syaukani inilah yang mengalir ke Rita, putri Syaukani itu.

"Apalagi, tim sukses dinilai selalu mengait-kaitkan sosok Syaukani dengan Rita Widyasari. Seperti yang sudah saya ulas beberapa waktu lalu, Syaukani memiliki massa riil. Figur Syaukani, bisa menjadi bahan sosialisasi Rita Widyasari-Ghufron. Kedatangan Syaukani tak melanggar aturan, hanya saja dari sisi politik, sangat menguntungkan Rita untuk mendapat banjir simpati  dari publik," ujar Sudirman, kemarin.

Dikatakan Sudirman, jika dalam kondisi normal, atau tanpa kehadiran Syaukani, bisa saja pilkada berlangsung dua putaran. Karena dari 6 calon bupati yang maju, figurnya tak ada yang dominan. Kedatangan Syaukani, mengingatkan warga Kukar atas kejayaan Kukar saat era beliau. "Apalagi sosok Rita memang dikait-kaitkan timsesnya dengan Syaukani, sampai-sampai ada yang bilang figur Syaukani adalah figur Rita," katanya.

Data konkrit membenarkan analisis Sudirman. Hasil survei Citra Publik Indonesia dan data quick count Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Syaukani datang ke Kukar pada 24 April 2010, ketika pada 7-10 April CPI melakukan survei, hasilnya Rita bakal memperoleh suara 44,9 persen. Namun setelah Syaukani datang, hasil quick count LSI-CPI pada 30 April menunjukkan peningkatan menjadi 55 persen.

TENGGARONG -- Kepulangan mantan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Syaukani Hasan Rais dinilai punya andil besar bagi kemenangan pasangan Rita Widyasari-HM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News