Mencari 'Ratusan Bali Baru' Lewat ICCC III di Makassar

Mencari 'Ratusan Bali Baru' Lewat ICCC III di Makassar
Penari Bali. Foto: dokumen Radar Bali

jpnn.com - jpnn.com - Kota Makassar di Sulawesi Selatan pada 6-10 September nanti akan menjadi tuan rumah Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) III. Dua ICCC sebelumnya digelar di Solo pada 2015 dan Malang pada 2016.

Dari ICCC pula telah terbentuk Indonesia Creative Cities Network (ICCN) yang menjadi rekan Kementerian Pariwisata. Sekretaris Jenderal ICCN Liliek Setiawan menyatakan, ICCC 2017 akan menggali lebih banyak potensi wisata kreatif yang bisa menjadi ujung tombak peningkatan kunjungan pariwisata di daerah masing-masing.

Menurutnya, banyak daerah di Indonesia memiliki potensi untuk menjadi tujuan wisata utama. Hal itu sejalan dengan kebijakan Kemenpar tentang sepuluh destinasi pariwisata baru atau yang disosialisasikan dengan sebutan Sepuluh Bali Baru.

"Saya yakin sekali bahwa dengan kekayaan dan keindahan alam yang kita miliki di Indonesia dapat menciptakan 100 Bali baru,” ujar Lilik, Jumat (24/2).

Liliek menambahkan, Kemenpar telah berhasil menggenjot jumlah kunjungan wisman. Bahkan target kunjungan 12 juta wisman 2016 pun tercapai.

Namun, kata Liliek, perlu perencanaan matang untuk mengejar target-target selanjutnya. Apalagi ada target kunjungan 20 juta wisman pada 2019 nanti.

Liliek mengaku tahu persis kinerja Kemenpar di bawah komando Arief Yahya dalam mengejar target kunjungan wisman. Yakni mengejar target dengan perencanaan dan strategi jitu.

“Ada keberhasilan yang telah direncanakan, jadi kami tidak terlalu terkejut atas prestasi ini karena semua pekerjaan telah tertata rapi sejak awal berdasar road map yang sudah ditetapkan,” katanya.

Kota Makassar di Sulawesi Selatan pada 6-10 September nanti akan menjadi tuan rumah Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) III. Dua ICCC sebelumnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News