Mencegah Diabetes Haruskah Menghindari Konsumsi Gula?

Mencegah Diabetes Haruskah Menghindari Konsumsi Gula?
Mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Foto: Allodokter

jpnn.com - Diabetes merupakan penyakit metabolik yang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan komplikasi yang berujung pada hilangnya nyawa. Tak heran, setiap orang berlomba untuk menerapkan cara mencegah diabetes, salah satunya dengan sepenuhnya menghindari gula.

Tidak dimungkiri, diabetes dan gula atau makanan manis memang merupakan dua hal yang sejak dahulu dianggap saling berkaitan. Ini karena gula yang masuk ke tubuh dapat dengan cepat meningkatkan glukosa atau gula darah. 

Nantinya, gula darah akan diolah menjadi energi oleh insulin supaya tubuh bisa beraktivitas. Namun, apabila asupan gula dari makanan yang dikonsumsi terlalu banyak, hormon insulin akan kewalahan mengolahnya. Lama-kelamaan, hal ini bisa memicu resistensi insulin dan berakhir pada terjadinya penyakit diabetes.

Wajib Hindari Gula untuk Mencegah Diabetes?

Perlu Anda tahu, diabetes melitus terbagi menjadi dua jenis: diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Berikut penjelasannya.

Diabetes tipe 1

Pada diabetes tipe 1, sel-sel penghasil insulin dalam pankreas dihancurkan oleh sistem kekebalan tubuh sendiri. Penyakit ini terjadi sebagai kondisi autoimun, penyebabnya belum diketahui dengan pasti hingga saat ini.

Diabetes tipe 2

Tidak dimungkiri, diabetes dan gula atau makanan manis memang merupakan dua hal yang sejak dahulu dianggap saling berkaitan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News