Senin, 21 Mei 2018 – 19:55 WIB

Mencicipi Mata Air Unik di Pulau Tidore, Rasa Bersoda

Selasa, 08 Mei 2018 – 00:05 WIB
Mencicipi Mata Air Unik di Pulau Tidore, Rasa Bersoda - JPNN.COM

jpnn.com - Ada sejumlah mata air alami di Pulau Tidore, Maluku Utara, baik yang panas maupun dingin. Namun satu mata air di Dusun Tokici, Kelurahan Jiko Cobo, terbilang beda dengan lainnya.

Fakhruddin Hi Abdullah, Tidore

Masyarakat setempat menyebutnya Air Walanda maupun Ake Kofi. Mata air alami yang muncul dari rekahan bebatuan vulkanik itu kabarnya memiliki rasa yang unik. Mirip minuman bersoda. Malut Post (Jawa Pos Group) tak langsung percaya. Perlu berkunjung sendiri untuk memastikannya.

Jumat (4/5) pagi, bersama salah seorang warga Tidore yang tahu lokasi Ake Kofi, Sudirman, Malut Post melaju ke Jiko Cobo di Tidore Timur. Dari ibukota Kota Tidore Kepulauan di Soa Sio, jarak ke Jiko Cobo sekitar 22 kilometer.

Sayangnya, kami datang terlalu pagi. Mata air tersebut letaknya di tepi pantai. Saat laut pasang Ake Kofi pun terendam air laut. Kami memutuskan kembali lagi siangnya usai Salat Jumat.

Di atas jam 2 siang air laut sudah sangat surut. Dari jalan raya tempat kami memarkir kendaraan ke mata air jaraknya hanya sekitar 40 meter. Lokasi tempat Ake Kofi itu namanya Dusun Tokici, bagian dari Kelurahan Jiko Cobo.

Kondisi jalan menuju Ake Kofi masih alakadarnya. Bahkan masih ada warga yang membuang sampah di sekitar situ.

Lokasi mata air yang bikin penasaran itu berupa kumpulan batuan vulkanik. Tak ada pasir, meski letaknya di tepi pantai. Mendekati mata air, terdengar bunyi gelembung air memecah ke permukaan.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar