Mendadak Menko PMK Muhadjir Effendy Mengumpulkan Sejumlah Menteri

Mendadak Menko PMK Muhadjir Effendy Mengumpulkan Sejumlah Menteri
Muhadjir Effendy. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mendadak mengadakan rapat koordinasi dalam rangka tanggap darurat bencana, Minggu (17/1).

Mantan mendikbud ini mengumpulkan para menteri menyatukan kekuatan dukungan dari kementerian/lembaga, khususnya yang berada di bawah koordinasi Kemenko PMK.

"Untuk sementara kami akan fokus di tanggap darurat, baik terlibat langsung maupun tidak. Penanganan juga akan terus dilakukan sambil kami petakan kekuatan dukungan dari masing-masing K/L apa yang bisa kami lakukan," tutur Muhadjir.

Dia juga meminta kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) agar terus memperbarui pemetaan terhadap kondisi di lapangan.

Sehingga hal-hal apa saja yang dibutuhkan bisa segera dikoordinasikan ke K/L terkait.

Sementara itu, berkaca dari penanganan bencana-bencana sebelumnya, Menko PMK berharap kebutuhan khusus bagi perempuan, anak, dan lanjut usia (lansia) bisa lebih diperhatikan.

"Mohon keterlibatan KPPPA diperkuat, lalu BNPB setelah mengumpulkan informasi dari K/L agar dijelaskan pola komando di lapangan seperti apa termasuk apa saja yang dibutuhkan selama masa tanggap bencana," kata Menko Muhadjir.

Dia mengatakan, tahap rehabilitasi dan rekonstruksi juga supaya disiapkan segera dan tetap melibatkan K/L. Bukan hanya K/L di bawah koordinasi Kemenko PMK, akan tetapi BUMN dan K/L lain di luar Kemenko PMK seperti Kementerian PUPR.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengumpulkan sejumlah menteri, Minggu (17/1). Apa yang terjadi?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News