Mendag Agus Suparmanto Jamin Kebutuhan Pokok Cukup Sampai Lebaran

Mendag Agus Suparmanto Jamin Kebutuhan Pokok Cukup Sampai Lebaran
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. Foto : Wahyu Putro A/foc./Antara

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menjamin ketersediaan barang kebutuhan pokok masyarakat akan mencukupi sampai bulan Ramadan dan Lebaran 2020.

Hal itu disampaikan Agus dalam konferensi pers yang dilakukan secara online dari kantornya, di Jakarta, Rabu (18/3). "Secara umum kondisi pasokan stok kebutuhan pokok cukup untuk memenuhi kebutuhan sampai puasa dan Lebaran 2020," ucapnya.

Sebagai contoh untuk ketersediaan beras di Perum Bulog diklaim masih mencukupi. Kemendag juga telah menugaskan Bulog untuk melaksanakan ketersediaan pasokan dan melakukan stabilisasi harga beras medium sepanjang tahun ini.

Penyaluran beras medium tersebut bisa dilakukan melalui distributor besar dan atau mitra Bulog, serta retail modern yang beranggotakan Aprindo dengan harga jual di tingkat konsumen sesuai HET.

Dalam forum itu juga disampaikan bahwa kondisi harga kebutuhan pokok terus dimonitor setiap hari. Memang, masalah krusial saat ini adalah ketersediaan gula pasir yang harga rata-rata nasional di angka Rp 16-17 ribu, atau 36 persen di atas HET Rp 12.500/kg.

Untuk mengisi ketersediaan pasokan di lapangan, jajaran Kemendag telah berkomunikasi retail modern dan produsen yang mendapat penugasan dari pemerintah supaya bisa memenuhi kebutuhan gula dalam negeri. Salah satu lewat impor gula kristal putih yang masuk akhir bulan ini.

Selain itu, Kemendag juga telah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa gudang gula yang diindikasikan masih punya stok. Dalam satu dua hari ke depan, pasokan itu akan bisa didistribusikan di Jakarta dan sekitarnya. (fat/jpnn)

Agus Suparmanto menggelar konferensi pers terkait stok kebutuhan pokok, secara online dari kantornya.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News