Mendag Bakal Mengunjungi Arab Saudi, Membawa Misi Penting, Apa Itu?

Mendag Bakal Mengunjungi Arab Saudi, Membawa Misi Penting, Apa Itu?
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan akan melakukan kunjungan ke Arab Saudi bersama sejumlah pengusaha. Foto dok Kemendag

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan akan melakukan kunjungan ke Arab Saudi untuk membawa misi pembukaan gerai ritel besar atau "hypermarket".

Zulkifli mengatakan, Indonesia dan Arab Saudi memiliki hubungan yang dekat, tetapi untuk sektor perdagangan, Arab Saudi lebih banyak menjalin perjanjian dengan Vietnam dan Thailand.

Kunjungan ke Arab Saudi merupakan salah satu langkah untuk menggaet pasar baru selain pasar tradisional. Wilayah Timur Tengah pun menjadi sasaran utama dalam misi bisnis Kementerian Perdagangan.

"Besok saya akan datang ke sana dan mengusahakan untuk membuka gerai seperti hypermart di Madinah dan Jeddah, agar nanti pengusaha UKM kita bisa kirim barang ke sana dengan mudah," kata Mendag Zulkifli dalam pembukaan Rapat Kerja Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) di Jakarta, Kamis.

Kementerian Perdagangan juga akan membawa Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, perhimpunan ritel modern serta para pengusaha ritel. Pertemuan ini diharapkan dapat membuahkan hasil yang baik.

"Saya mencoba berkomunikasi dengan pemerintah Arab Saudi agar hubungan dagang ini bisa ditingkatkan, kita akan coba terus terutama di sektor perdagangan," kata Zulkifli.

Selain Arab Saudi, Zulkifli juga akan melakukan kunjungan ke Mesir, Nigeria, Maroko, Pakistan, India, dan Bangladesh.

"Mesir surplus kita lumayan bagus, India juga surplus kita USD 9 miliar, dan Pakistan surplusnya hampir USD 3 miliar. Jadi, negara-negara yang kita pandang sebelah mata itu ternyata surplus. Oleh karena itu, akan ditingkatkan," kata Zulkifli Hasan. (antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan akan melakukan kunjungan ke Arab Saudi bersama sejumlah pengusaha


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News