Mendagri Dorong Lurah Beber Harta Kekayaan

Mendagri Dorong Lurah Beber Harta Kekayaan
Mendagri Dorong Lurah Beber Harta Kekayaan

jpnn.com - JAKARTA - Mendagri Gamawan Fauzi mendukung permintaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang mengimbau seluruh kepala desa/lurah melaporkan harta kekayaan mereka pada lembaga antikorupsi itu. Menurutnya, hal itu bagus untuk transparansi.

"Silahkan, baguslah. Pemerintah sekarang mendorong tidak hannya sampai eselon dua, tapi ke bawah-bawah pun melaporkan kekayaanya. Itu sudah didorong oleh MenPAN (menteri pendayagunaan aparatur negara, red) juga," ujar Gamawan di kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis, (3/7).

Berkaca dari pengalaman kasus-kasus korupsi sebelumnya, kata dia, kasus suap bisa terjadi saat pengajuan perizinan di daerah. Pengajuan izin juga dilakukan di tingkat bawah seperti jajaran lurah/kepala desa.

Oleh karena itu, kata Gamawan, perlu ada laporan rinci harta kekayaan sehingga kekayaan yang mencurigakan bisa ditelusuri. Dengan adanya usul pelaporan kekayaan lurah ini, Gamawan menganggap perlu adanya regulasi baru yang mengaturnya.

"Memang menurut saya nanti bisa diperluas. Bukan hanya sebatas eselon dua ke atas. Tapi juga eselon dua ke bawah.
Nanti akan ada perubahan peraturan yang harus dilakukan," tandas Gamawan. (flo/jpnn)


JAKARTA - Mendagri Gamawan Fauzi mendukung permintaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang mengimbau seluruh kepala desa/lurah melaporkan harta


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News