Selasa, 23 Oktober 2018 – 14:11 WIB

Mendengarkan Bisikan Membantu Anda Rileks dan Tertidur?

Kamis, 07 Juni 2018 – 23:21 WIB
Mendengarkan Bisikan Membantu Anda Rileks dan Tertidur? - JPNN.COM

Tidur. Foto: Meetdoctor

jpnn.com - Ketika Anda mendengarkan seseorang berbisik atau mendengar suara ketukan, apakah Anda merasa sangat rileks? Hal ini mungkin Anda mengalami respon meridien sensorik otonom (ASMR).

"ASMR mirip dengan perasaan relaksasi yang Anda dapatkan dari pijatan, tetapi tidak ada yang harus menyentuh Anda," kata profesor ilmu biofarmasi di Shenandoah University School of Pharmacy di Winchester, VA dan pendiri Universitas ASMR, Craig Richard, Ph.D., seperti dilansir laman NBC, Senin (4/6).

"Ini adalah sensasi yang sangat santai, biasanya berhubungan dengan sakit kepala yang tidak menyenangkan," jelas Richard.

Peneliti ASMR, Beverley K. Fredborg membandingkan ASMR dengan frisson, rasa tenang yang mungkin Anda dapatkan ketika mendengarkan musik.

"Itu terkait, tetapi tidak persis sama. Dengan ASMR, sensasi tingle cenderung terletak di kepala dan leher dan bisa berlangsung selama beberapa menit. Frisson terjadi dengan cepat dan di seluruh tubuh," tutur Richard.

Tidak banyak penelitian tersedia di ASMR, tetapi Dr. Richard memperkirakan bahwa 20 persen orang mengalaminya dengan kuat dan 40 persen lainnya memiliki respons yang lebih ringan.

"Jika Anda membayar seseorang untuk bermain dengan rambut Anda, Anda mungkin mengalami ASMR. Jika itu tampaknya gila, Anda mungkin tidak mengalami ASMR," kata Richard.

Banyak orang yang mengalami AMSR tidak menyadari bahwa orang lain juga merasakannya.

SHARES
TAGS   Tidur Susah tidur
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar