Mendikbud Janji Segera Tuntaskan Kendala Siswa

Mendikbud Janji Segera Tuntaskan Kendala Siswa
Muhadjir Effendy. Foto: JPNN

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mendorong percepatan pencairan dana manfaat Program Indonesia Pintar (PIP).

Menurut Muhadjir, pihaknya berkomitmen terus mengupayakan agar seluruh siswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) merasakan manfaat program itu sesegera mungkin.

"Kami terus berupaya membantu menyelesaikan kendala-kendala yang mereka hadapi," kata Muhadjir di SMKN 3 Kota Pekalongan, Minggu (8/1).

Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini meminta manfaat PIP harus digunakan sebesar-besarnya untuk keperluan sekolah siswa.

Dalam acara itu, ratusan siswa miskin dari berbagai jenjang satuan pendidikan se-Kota Pekalongan difasilitasi untuk datang dan memadati aula SMKN 3 guna menerima manfaat percepatan pencairan ini.

Mereka umumnya sudah menerima KIP tapi belum melalukan pencairan karena berbagai kendala seperti jarak yang terlalu jauh untuk mencapai bank atau ketidaktahuan orang tua mengenai hal ini. 

Dari Rp 9.440.725.000 dana PIP yang digelontorkan untuk Kota Pekalongan, sudah 70 persen yang dicairkan.

Ira Fitrianiningsih, siswi kelas sebelas jurusan Tata Busana SMKN 1 Pekalongan mengaku menggunakan manfaat PIP untuk membeli bahan dan alat praktik seperti kain.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mendorong percepatan pencairan dana manfaat Program Indonesia Pintar (PIP).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News