Mendikbud Optimistis Kaltim Cetak SDM Unggul

Mendikbud Optimistis Kaltim Cetak SDM Unggul
Mendikbud Nadiem Makarim Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menunjukkan optimismenya atas perkembangan implementasi kebijakan pendidikan di Kalimantan Timur.

Hal itu terlihat dalam lawatan Nadiem Makarim ke Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim pada 6-7 April 2021,

Kunjungan kerja Mendikbud menitikberatkan pada pembangunan SDM melalui sejumlah terobosan Merdeka Belajar yang dihadirkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Di antaranya, Program Guru Penggerak, Kampus Merdeka, dan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) Merdeka.

Selain itu, Mendikbud juga meninjau pemanfaatan dana bantuan operasional sekolah (BOS) 2021, seleksi calon guru aparatur sipil negara pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (ASN PPPK), serta penerapan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 yang diumumkan 30 Maret 2021 lalu.

Pada hari pertama kunker, Mendikbud meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di Dome Kota Balikpapan, dan berbincang bersama calon Guru Penggerak dan pengajar praktik calon Guru Penggerak angkatan I Kabupaten PPU dan angkatan II Kota Balikpapan, Katltim.

Terkait pelaksanaan vaksinasi bagi 1.000 PTK yang ditinjau Mendikbud, ia menekankan, sudah sejak Januari 2021 satuan pendidikan diperkenankan melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

“Namun, sedikit sekali sekolah yang melakukan. Padahal, anak-anak sudah kehilangan begitu banyak pembelajaran. Sekarang sudah tidak ada alasan untuk tidak melakukan PTM terbatas karena gurunya sudah divaksinasi,” katanya.

Nadiem Anwar Makarim menunjukkan optimismenya atas perkembangan implementasi kebijakan pendidikan di Kalimantan Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News