JPNN.com

Mengangkat Beban Bisa Membantu Menurunkan Lemak Berbahaya di Sekitar Jantung?

Selasa, 20 Agustus 2019 – 22:39 WIB Mengangkat Beban Bisa Membantu Menurunkan Lemak Berbahaya di Sekitar Jantung? - JPNN.com

jpnn.com - Sebuah studi yang diterbitkan dalam JAMA Cardiology menunjukkan bahwa latihan kekuatan mungkin merupakan salah satu cara terbaik untuk menurunkan lemak berbahaya di sekitar jantung Anda.

Pertama, ulasan anatomi cepat. Anda memiliki dua jenis utama jaringan lemak jantung.

Jaringan lemak epikardial mengelilingi otot jantung dan arteri koroner. Jaringan lemak perikardium berada di luar jaringan epikardium di jantung.

Meskipun mereka dirangkai bersama, setiap jenis jaringan memiliki sifat yang berbeda. Misalnya, jenis epikardial membagi suplai darah dengan jantung. Perikardial mendapatkan penambah darahnya dari pembuluh darah lain.

Karena kontak langsung dengan jantung dan suplai darah bersama, jaringan lemak epikardial secara konsisten dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

Tidak banyak yang diketahui tentang risiko yang terkait dengan lemak perikardial, karena tidak memiliki kontak langsung dengan jantung, tetapi para ahli percaya itu bisa memengaruhi fungsi jantung dengan cara tidak langsung.

Para peneliti di Denmark mengadakan uji klinis acak yang melibatkan 50 orang dengan obesitas perut, untuk mengetahui apakah pelatihan ketahanan bisa memengaruhi jaringan lemak epikardial dan perikardial.

Peserta dipisahkan menjadi tiga kelompok: Pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT) tiga kali seminggu, pelatihan resistensi / kekuatan tiga kali seminggu, atau tidak berolahraga.
Program ini berjalan selama 12 minggu.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...