7 Tanda Anda Kekurangan Vitamin K

7 Tanda Anda Kekurangan Vitamin K
Sakit jantung. Foto : Pixabay

jpnn.com - Jangan hanya vitamin A, B, C, dan E saja yang Anda perhatikan ya, tetapi penuhi juga kebutuhan vitamin K. Ada tanda-tanda yang perlu diwaspadai saat tubuh kekurangan vitamin K. Apa saja?

Tanda-tanda Anda kekurangan vitamin K
Baik anak maupun orang dewasa sama-sama berisiko mengalami kekurangan vitamin K. Beberapa tanda defisiensi vitamin K yang perlu diwaspadai antara lain:

1. Darah pada luka sulit membeku
"Biasanya tanda paling mencolok seseorang kekurangan vitamin K adalah ketika perdarahan sulit berhenti atau butuh waktu lebih lama. Darah akan terus mengucur,” terang dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Florida, Amerika Serikat, ketika darah pada luka Anda tidak membeku dengan cepat, Anda dapat kehilangan banyak darah. Ini bisa berbahaya, bahkan dapat mengancam nyawa.

2. Sering muncul memar di tubuh
"Orang yang kekurangan vitamin K sering muncul biru-biru di tubuhnya, seperti memar. Itu merupakan pendarahan di bawah kulit dan bisa berlangsung lama jika dibandingkan orang-orang yang tidak mengalami kekurangan vitamin K,” kata dr. Devia lagi.

3. Kehilangan kekuatan tulang
Vitamin K dapat berperan dalam kesehatan tulang. Ada beberapa penelitian menghubungkan mengonsumsi vitamin K dalam jumlah yang lebih besar dengan kepadatan mineral tulang yang lebih tinggi, dan risiko patah tulang pinggul yang lebih rendah.

4. Radang sendi
Pada mereka yang mengalami defisiensi vitamin K, tulang dan tulang rawan mungkin tidak akan mendapatkan semua mineral yang dibutuhkan. Jika dibiarkan, kondisi tersebut bisa mengarah pada risiko osteoartritis atau radang sendi.

5. Menderita penyakit celiac atau gangguan gastrointestinal lainnya
Mereka yang memiliki gangguan pencernaan tertentu atau sindrom malabsorpsi mungkin mengalami masalah dalam penyerapan vitamin K. Misalnya fibrosis kistik, kolitis ulseratif, pankreatitis kronis, penyakit radang usus, sindrom usus pendek, dan sumbatan pada saluran usus.

Selain itu, orang-orang yang pernah menjalani operasi bariatrik atau bypass lambung juga lebih berisiko mengalami defisiensi vitamin K.

Baik anak maupun orang dewasa sama-sama berisiko mengalami kekurangan vitamin K. Beberapa tanda defisiensi vitamin K yang perlu diwaspadai.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News