Mengapa Jadi Susah Bangun Pagi Selama Kerja di Rumah?

Mengapa Jadi Susah Bangun Pagi Selama Kerja di Rumah?
Ilustrasi bangun tidur. Foto: Hellosehat

jpnn.com - Saat harus bekerja di rumah lantaran pandemi virus corona, sebagian orang mungkin merasa sulit untuk bangun pagi karena berbagai macam alasan. Apakah Anda salah satu yang demikian?

Jika ya, Anda mungkin merasa bahwa pekerjaan yang dilakukan di rumah jadi lebih susah diatur. Tidak hanya itu, Anda yang kesulitan bangun pagi saat harus kerja dari rumah juga cenderung merasa lebih malas daripada biasanya. 

Mengapa hal-hal seperti ini bisa terjadi? Apakah memang work from home (WFH) bisa memengaruhi kondisi mental seseorang sehingga membuatnya kesulitan bangun pagi dan lebih malas untuk beraktivitas?

Lalu apa penyebab kita sulit bangun pagi saat WFH?

Menjawab pertanyaan itu, Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog kepada KlikDokter mengatakan bekerja dari rumah memang bisa memengaruhi beberapa aspek dalam diri seseorang. Aspek-aspek yang dimaksud, antara lain:

1. Adanya Mindset Kerja Lebih Santai 

Karena dianggap tidak ada yang ‘memantau’, para pekerja pun akan merasa lebih santai dari biasanya.

Anda tidak perlu berdandan rapi untuk bekerja, tidak perlu sibuk bolak-balik menyediakan data yang harus segera dilaporkan ke atasan, tidak memiliki jam pasti untuk memulai kerja. 

Kondisi seperti itulah yang pada akhirnya membuat Anda jadi lebih sulit bangun pagi, atau bahkan kurang produktif dalam bekerja. 

Tidak hanya itu, Anda yang kesulitan bangun pagi saat harus kerja dari rumah juga cenderung merasa lebih malas daripada biasanya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News