Mengapa Olahraga Harus Dilakukan Sambil Dengar Musik?

Mengapa Olahraga Harus Dilakukan Sambil Dengar Musik?
Mengapa Olahraga Harus Dilakukan Sambil Dengar Musik?

jpnn.com - Mendengarkan musik lewat mp4, iPod ataupun media player lainnya saat berolahraga tentu bukanlah hal baru. Namun mungkin tidak banyak orang yang tahu manfaat dari aktivitas ini.

Sebuah riset menemukan bahwa mendengarkan musik dapat mengalihkan perhatian si atlet dari kondisi yang terjadi pada tubuh mereka, misalnya rasa sakit. Berikut tujuh alasan utama untuk membiasakan diri mendengarkan musik saat berolahraga:

1. Musik adalah pengalih perhatian yang baik

Tidak hanya sebagai pengalih perhatian, berolahraga sambil mendengarkan musik favorit juga membuat partisipan tidak merasa begitu capek karena tenaga yang dikerahkannya selama melakukan aktivitas tersebut. Bahkan The Guardian melaporkan musik dikatakan dapat meningkatkan performa atletik seseorang hingga lebih dari 15 persen

2. Musik menambah upaya yang dilakukan seseorang ketika berolahraga

Sebuah studi yang dilakukan di tahun 2010 menemukan, pesepeda akan mengayuh sepedanya jauh lebih kuat ketika mendengarkan musik bernada cepat dibandingkan ketika mendengarkan musik yang temponya lebih lambat.

Namun perlu diingat jika musik yang terlalu cepat juga tidak baik. Yang direkomendasikan adalah lagu-lagu dengan 120-140 ketukan per menit (bpm) karena kemampuannya dalam memberikan efek maksimal terhadap pelaku olahraga berintensitas sedang seperti bersepeda, jalan cepat dan berenang.

3. Musik bantu memunculkan motivasi untuk berolahraga

Mendengarkan musik lewat mp4, iPod ataupun media player lainnya saat berolahraga tentu bukanlah hal baru. Namun mungkin tidak banyak orang yang tahu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News