Mengapa Sering Mimisan saat Musim Dingin?

Mengapa Sering Mimisan saat Musim Dingin?
Mengapa Sering Mimisan saat Musim Dingin? Foto: Ilustrasi

jpnn.com - SUHU dingin atau suhu udara berada jauh di bawah normal dapat memicu timbulnya berbagai gangguan kesehatan pada manusia. Apalagi jika daya tahan tubuh sedang tidak fit, misalnya saja mimisan. Mimisan sering terjadi selama musim dingin dan Anda tidak perlu panik akan hal ini.

"Udara musim dingin dapat mengeringkan dan mengiritasi hidung Anda," kata ketua departemen THT, Dr. James Stankiewicz, seperti dilansir laman Health, Selasa (17/2).

"Individu yang lebih tua lebih rentan terhadap mimisan di musim dingin karena selaput lendir mereka tidak subur dan udara kering menyebabkan pembuluh darah menipis di hidung," jelas Stankiewicz lebih lanjut.

Wanita yang lebih tua dan orang yang memakai obat pengencer darah juga memiliki risiko mimisan yang lebih besar.

"Wanita menopause sangat rentan terhadap mimisan karena penurunan estrogen yang meningkatkan cairan tubuh. Siapapun yang mengonsumsi obat pengencer darah seperti aspirin atau rejimen coumadin juga rentan terhadap mimisan," tambah Stankiewicz.

Berikut beberapa cara mengatasi mimisan:

1. Jika Anda mendapatkan mimisan, jangan panik.

"Miringkan kepala Anda kembali dan terapkan tekanan kuat dihidung selama sekitar lima menit," kata Stankiewicz.

SUHU dingin atau suhu udara berada jauh di bawah normal dapat memicu timbulnya berbagai gangguan kesehatan pada manusia. Apalagi jika daya tahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News