Mengenal Parpol Kecil di Australia

Mengenal Parpol Kecil di Australia
Bendera Australia. Foto: Wikipedia.org

Hingga awal tahun 2016, ada 49 partai politik yang resmi terdaftar di Australian Electoral Commission (AEC), KPU-nya Australia. Mayoritasnmya adalah partai kecil dengan nama dan misinya yang unik, seperti Partai Hak-hak Perokok hingga Partai Kesehatan Australia.

Hak berdemokrasi memang dijamin, dan siapa pun berhak membentuk parpol, tentu dengan memenuhi ketentuan UU. Salah satu syarat mendirikan parpol adalah mendaftarkan partainya ke AEC disertai bukti dukungan minimal 500 anggota partai. 

Mengenal Parpol Kecil di Australia
Logo Partai Perokok yang terdaftar di KPU Australia.

 

Maka partai kecil yang dikenal sebagai minor party pun bermunculan setiap saat, biasanya menjelang pemilu, seperti yang akan dilaksanakan tahun ini. Nama dan visi-misi minor party pun biasanya sangat spesifik, hanya berkaitan dengan isu-isu tertentu.

Partai Perokok misalnya, dibentuk di negara bagian New South Wales dan terakhir kali memperbarui pendaftarannya di KPU pada 16 Juli 2013 silam. Saat dibentuk oleh seorang pekerja IT yang berusia 28 tahun Clinton Mead, partai ini mengusung visi-misi menghapus UU yang mewajibkan kemasan rokok polos.

Partai ini juga ingin memperjuangkan hak perokok untuk bisa merokok dimana saja sepanjang tidak merugikan orang lain. 

Lalu, sebaliknya ada pula Partai Kesehatan, yang mengklaim bukan parpol yang hanya mengusung isu tunggal. Partai ini terlihat lebih meyakinkan, setidaknya jika dilihat dari website mereka.

Hingga awal tahun 2016, ada 49 partai politik yang resmi terdaftar di Australian Electoral Commission (AEC), KPU-nya Australia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News