Mengenal Pekerjaan Mengasuh dan Mendidik Anak-anak yang Bisa Mengantarkan Jadi Penduduk Tetap di Australia

Mengenal Pekerjaan Mengasuh dan Mendidik Anak-anak yang Bisa Mengantarkan Jadi Penduduk Tetap di Australia
Elizabeth Manullang sudah tinggal di Sydney sejak tahun 2013. (Supplied)

Salah satu pekerjaan yang bisa membuka jalan bagi mereka yang ingin mendapatkan status tinggal permanen di Australia adalah bekerja di 'child care' atau tempat perawatan untuk anak-anak di bawah lima tahun.

Seperti yang sedang diupayakan oleh Elizabeth Manullang yang berasal dari Medan, Sumatera Utara.

Ketika tiba di Sydney di tahun 2013, Elizabeth pertama kali bekerja di tempat pengasuhan anak-anak setelah mendapatkan diploma selama dua tahun.

Di Australia, mereka yang bekerja di 'child care' pada umumnya dibagi dalam dua kelompok, yaitu mereka yang sudah memiliki kualifikasi sertifikat 3 atau diploma dan mereka yang lulusan S1 untuk jurusan pra-sekolah.

"Setelah diploma itu saya sempat mencari pekerjaan namun tidak dapat," katanya kepada wartawan ABC Indonesia Sastra Wijaya.

"Kemudian saya melanjutkan lagi untuk menjadi guru pra-sekolah."

Setelah lulus mengantongi ijazah 'pre-primary school', ia bekerja penuh waktu di 'child care' selama setahun dan sekarang sudah mendapatkan sponsor penuh dari tempatnya bekerja, yang kemudian bisa digunakan untuk memenuhi syarat mendaftar penduduk tetap atau 'permanent residency' (PR).

Dalam daftar terbaru untuk tahun 2022 mengenai jenis pekerjaan yang baru saja diterbitkan oleh negara bagian New South Wales, guru pra-sekolah masuk dalam daftar pekerjaan yang masuk keterampilan yang dibutuhkan.

Salah satu pekerjaan yang sedang dicari di Australia adalah pekerja 'child care' atau pengasuh dan pendidik balita

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News