Mengenaskan, 145 Paus Pilot Tewas di Pantai Selandia Baru

Mengenaskan, 145 Paus Pilot Tewas di Pantai Selandia Baru
Paus Pilot terdampar di Pantai Selandia Baru. Foto: Reuters

jpnn.com, WELLINGTON - Departemen Konservasi Selandia Baru (DOC) kedatangan tamu tak diundang. Sabtu malam (24/11) sebanyak 145 paus pilot terdampar di sepanjang bibir Pantai Mason Bay, Stewart Island. Puluhan di antaranya sudah mati. Puluhan lain yang masih hidup pun terpaksa dimatikan.

''Kemungkinan untuk mengembalikan paus-paus itu ke laut dalam kondisi hidup sangatlah rendah,'' kata Ren Leppens, manajer operasional DOC Stewart Island, sebagaimana dikutip Reuters kemarin, Senin (26/11).

Lokasi paus-paus tersebut terdampar jauh dari laut. Dan, merelokasi paus bukanlah perkara mudah. Butuh banyak orang.

Selain itu, paus-paus tersebut harus terus-terusan dibasahi. Butuh ratusan relawan untuk menyirami tubuh puluhan mamalia laut itu agar kelembapannya tetap terjaga. Setidaknya sampai mereka bisa kembali ke laut.

Karena itu, daripada menunggu lebih lama dan membuat paus-paus tersebut semakin menderita, Leppens memutuskan mengeutanasia mereka. Itu cara paling manusiawi untuk mengakhiri penderitaan mereka.

Di pantai barat North Island, sepuluh paus pembunuh kerdil juga terdampar Minggu (25/11). (sha/c22/hep)


Sebanyak 145 paus pilot terdampar di pantai Selandia Baru. Puluhan di antaranya sudah mati. Puluhan lain yang masih hidup terpaksa dimatikan


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News