Mengerikan, Kota Ini Bakal Kehabisan Air dalam Tiga Bulan

Mengerikan, Kota Ini Bakal Kehabisan Air dalam Tiga Bulan
Bendungan yang menyediakan air bersih untuk Cape Town terus mengering. Diperkirakan pada April mendatang, kota Metropolis terbesar kedua Afrika Selatan itu bakal kehabisan air bersih. Foto: AP

jpnn.com, CAPE TOWN - Kiamat itu nyaris terjadi di Cape Town, kota terbesar kedua di Afrika Selatan. Kota tersebut akan mengalami day zero alias hari nihil pada 12 April.

Saat itulah Cape Town akan sama sekali kehabisan pasokan air. Tanggal itu maju dari ”jadwal” semula, yakni 22 April.

Day zero adalah saat ketika level air di bendungan-bendungan utama kota itu turun drastis. Yakni, pada angka 13 persen atau di bawahnya. Saat itulah airnya tak layak dikonsumsi.

Aliran air keran akan dimatikan. Pemerintah lalu menyediakan 200 titik pembagian air. Tiap orang dijatah 25 liter per hari.

Karena itu, aroma kepanikan menguar. Penduduk pun langsung menyerbu tempat pembelian jeriken, bak, dan sarana penampung air lain. Benda-benda tersebut langsung ludes.

Cape Town memang sedang mengalami kekeringan yang ditengarai terparah dalam kurun waktu lebih dari seabad. Jumlah penduduk yang mencapai 4 juta jiwa dan terus merangkak naik serta perubahan iklim yang drastis memperburuk situasi.

The New York Times bahkan memperkirakan Cape Town akan menjadi kota metropolis pertama di dunia yang kehabisan air.

Senin (22/1) rata-rata level air sudah mencapai 25,3 persen. Pemerintah kota jauh hari sudah mendesak penduduk agar hemat air, tapi tak digubris.

The New York Times memperkirakan Cape Town, kota terbesar kedua Afsel, akan menjadi kota metropolis pertama di dunia yang kehabisan air.

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News