Menghormati Jasa-Jasa Tokoh Bangsa, Santri Ganjar Gelar Ziarah Wali Enam

Menghormati Jasa-Jasa Tokoh Bangsa, Santri Ganjar Gelar Ziarah Wali Enam
Sukarelawan Dukung Ganjar (SDG) telah menyelesaikan rangkaian kegiatan Ziarah Wali Enam untuk mengenang dan menghormati jasa tokoh-tokoh Nusantara. Foto: Sukarelawan Dukung Ganjar

jpnn.com - Sukarelawan Dukung Ganjar (SDG) telah menyelesaikan rangkaian kegiatan Ziarah Wali Enam untuk mengenang dan menghormati jasa tokoh-tokoh Nusantara.

Makam Raden Ngabehi Ronggo Warsito yang berada di Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menjadi penutup kegiatan ini.

Acep Amirudin selaku Koordinator Nasional Santri Dukung Ganjar menjelaskan pihaknya melibatkan jemaah majelis taklim yang diikuti tidak kurang dari 150 peziarah selama rangkaiaa Ziarah Wali Enam.

Lebih lanjut, Acep menyebut keenam makam yang diziarahi Santri Dukung Ganjar, yakni makam Mbah Sholeh Darat Semarang, makam Raden Fatah, makam Sunan Kalijaga, makam Sunan Muria, makam Sunan Kudus, dan terakhir makam Raden Ngabehi Ronggo Warsito.

"Ini pertama kali kami melaksanakan kegiatan ziarah bersama masyarakat karena sebelumnya kami lokasinya di pondok pesantren dan majelis taklim. Nah, ada usulan dari masyarakat supaya melaksanakan ziarah," ujar Acep dalam keterangannya.

Sementara itu, tujuan Ziarah Wali Enam ialah mengenang dan meneladani kebaikan yang telah diwariskan para tokoh yang diziarahi.

Contohnya, Raden Ngabehi Ronggo Warsito yang dikenal sebagai seorang intelektual yang menulis banyak hal tentang kehidupan.

Pemikirannya tentang dunia tasawuf tertuang dalam Serat Wirid Hidayat Jati, pengamatan sosialnya termuat dalam Serat Kalatidha, dan kelebihannya dalam dunia ramalan tercatat dalam Serat Jaka Lodhang.

Sukarelawan Dukung Ganjar (SDG) telah menyelesaikan rangkaian kegiatan Ziarah Wali Enam untuk mengenang dan menghormati jasa tokoh-tokoh Nusantara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News