Menginap di Sorong, Pak Jokowi Jadi Korban Listrik Biarpet

Menginap di Sorong, Pak Jokowi Jadi Korban Listrik Biarpet
Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja di Kabupaten Sorong, Papua Barat, Rabu (20/12). Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, NABIRE - Presiden Joko Widodo menceritakan pengalamannya merasakan listrik biarpet di Papua. Presiden yang kondang disapa dengan panggilan Jokowi itu mengalami sendiri listrik biarpet saat menginap di Sorong, Papua Barat, Selasa (19/20).

"Tadi malam saya menginap di Kota Sorong. Di hotel, mati lampu tiga kali,” ujar Jokowi saat kunjungan kerja di Nabire, Papua, Rabu (20/12).

Jokowi melakukan kunjungan kerja di Nabire untuk meresmikan sejumlah proyek kelistrikan. Antara lain Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Nabire berkapasitas 20 megawatt dan PLTMG Jayapura 50 MW. Selain itu, Jokowi juga meluncurkan 74 desa baru berlistrik Papua dan Papua Barat.

Karena itu, Jokowi sengaja menginap di Nabire demi memastikan listrik tak biarpet lagi. “Malam ini, saya mau menginap kan, menginapnya di Nabire. Saya mau cek mati lampu enggak nanti malam," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, hingga saat ini masih terdapat 3.000 desa yang belum teraliri listrik. “Tapi yang paling banyak 2.000 desa itu di tanah Papua,” sebut suami Iriana itu.

Karena itu Jokowi langsung memerintahkan jajarannya untuk mengatasi masalah biarpet serta membangun listrik untuk desa-desa di tanah Papua. Meskipun tidak mudah, Jokowi meyakini listrik akan menerangi seluruh Papua pada tahun 2019 mendatang.

"Kita lihat, bergunung-gunung, nyebur. Setelah nyebur digotong ke atas bukit. Medannya memang sangat berat. Seberat apa pun medan harus bisa ditaklukkan dan desa-desa harus terang benderang," kata Jokowi.

Karena itu Jokowi mengharapkan beroperasinya kedua PLTMG bisa dapat memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat yang berada di kedua wilayah tersebut. Selain itu, kedua pembangkit baru itu juga diharapkan bisa mendorong masuknya investasi.

Presiden Joko Widodo menceritakan pengalamannya merasakan listrik biarpet saat menginap di sebuah hotel di Sorong, Papua Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News