Mengintip Cara Cyrus Margono Memperoleh Status WNI, Ternyata tak Perlu Naturalisasi

Mengintip Cara Cyrus Margono Memperoleh Status WNI, Ternyata tak Perlu Naturalisasi
Cyrus Margono (kedua dari kanan) saat mengunjungi KBRI di Athena. Foto: Twitter/indonesiainath.

jpnn.com - Cyrus Margono rupanya tak perlu melalui proses naturalisasi untuk memperoleh status Warga Negara Indonesia (WNI).

Kiper yang kini memperkuat klub Yunani, Panathinaikos B itu cukup memilih menjadi WNI karena Cyrus memiliki kewarganegaraan ganda.

Hal itu dikemukakan oleh Hamdan Hamedan, sosok yang kerap menjadi utusan PSSI untuk mengurus proses naturalisasi pemain keturunan Indonesia.

"Kata ‘naturalisasi’ tidaklah tepat karena Cyrus Margono bukan WNA."

"Cyrus adalah anak berkewarganegaraan ganda yang terlambat memilih Indonesia, dan sekarang diberi kesempatan oleh negara untuk memilih Indonesia, mengikuti kewarganegaraan orang tuanya serta melepaskan kewarganegaraan gandanya," tulis Hamdan melalui media sosial resminya di instagram.

Hamdan mengacu kepada PP No 21 Tahun 2022, di mana anak-anak yang tidak atau terlambat memilih kewarganegaraan dan anak yang berkewarganegaraan ganda diberikan kesempatan untuk dapat memperoleh Kewarganegaraan RI melalui mekanisme permohonan kepada Presiden.

"Menggunakan PP No 21 Tahun 2022 di mana Cyrus dan keluargalah yang berhak dan dapat memulai proses pewarganegaraannya," lanjut pernyataan Hamdan.

Dengan begitu, lanjut Hamdan, proses Cyrus menjadi WNI bisa lebih cepat dari sejumlah pemain naturalisasi lainnya, seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, hingga Shayne Pattynama.

Cyrus Margono rupanya tak perlu melalui proses naturalisasi untuk memperoleh status Warga Negara Indonesia (WNI).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News