Mengonsumsi Kolagen Baik Bagi Kesehatan Anda

Mengonsumsi Kolagen Baik Bagi Kesehatan Anda
Ilustrasi. Foto: Care2.com

jpnn.com - Kata "kolagen" mungkin sudah tak asing lagi di telinga Anda. Namun sedikit yang paham seberapa penting jenis protein tersebut bagi kesehatan tubuh.

Kolagen berasal dari penggabungan dua kata bahasa Yunani, yaitu kola (gula) dan gen (produksi). Karena itu, kolagen pada dasarnya bisa diartikan bersifat lekat atau menghasilkan pelekat.

Dengan sifatnya tersebut, kolagen menjadi struktur organik yang bisa ditemukan pada seluruh tubuh. Sekaligus membantu pembentukan tulang, sendi, gigi, otot dan kulit agar menjadi kuat.

Karenanya, ketika tubuh kekurangan kolagen, banyak hal berbahaya yang bisa terjadi.

Mungkin awalnya sebagian orang menganggap masalah tersebut tidak serius. Tapi jika hal tidak segera diantisipasi maka akan menimbulkan ancaman parah, seperti gangguan sirkulasi darah yang berimbas ke serangan jantung hingga stroke.

"Kolagen adalah protein yang terdiri dari asam amino, glisin, prolin, hidroksiprolin dan arginin," kata Protein Vital, seperti dilansir laman Care2, Kamis (30/3).

Komposisi kolagen dianggap unik karena mengandung konten hidroksiprolin tinggi. Jika Anda tidak memiliki asam amino yang dibutuhkan, maka sel-sel tubuh tidak bisa memproduksi kolagen sesuai kebutuhan.

Walau kolagen bisa diproduksi oleh tubuh, Anda perlu memastikan semua asam amino yang dibutuhkan untuk membuatnya ada.

Sumber Care2.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News