Mengopi di Lereng Gunung Merapi, Ganjar Pranowo Amati Potensi Desa Wisata

Mengopi di Lereng Gunung Merapi, Ganjar Pranowo Amati Potensi Desa Wisata
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo minum kopi bersama masyarakat pengelola desa wisata di Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Dok tim media Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo minum kopi bersama masyarakat pengelola desa wisata di Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.

Pada kesempatan itu, Ganjar berdialog tentang potensi desa di lereng Gunung Merapi itu.

Salah satu yang dibahas ialah produk kopi seperti kopi Lencoh yang merupakan peninggalan Belanda dan kopi Pasah yang sempat dicicipi Ganjar.

“Ternyata di Selo, di lereng Merapi ini menarik ya, banyak daerah-daerah yang eksotis, tempat-tempatnya indah. Ada desa wisata, Bukit Sanjaya namanya. Kopinya ternyata warna-warni. Artinya banyak macam-macam kopi yang tumbuh enak di sini,” kata Ganjar, Sabtu (30/7).

Dia melihat keindahan dan aneka macam kopi di Selo menjadi potensi besar untuk dikembangkan.

Warga setempat juga sudah mulai membuat desa wisata dan berbagai macam olahan kuliner.

Mereka juga melengkapinya dengan pernak-pernika yang bisa dibeli oleh pengunjung.

“Cuma, rasa-rasanya mereka butuh dibantu. Tadi ada yang bilang butuh mesin roasting dan lainnya. Home stay juga mulai dibuat, ada tiga ratusan di sini. Tadi kami kasih catatan, misal spreinya harus putih, terus standarisasi yang harus dilakukan, mesti bersih, pengelolaannya mesti ramah, dan sebagainya,” jelas Ganjar.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo minum kopi bersama masyarakat pengelola desa wisata di Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News