Menguat, Desakan Lokalisasi Loa Hui Segera Ditutup

Menguat, Desakan Lokalisasi Loa Hui Segera Ditutup
Menguat, Desakan Lokalisasi Loa Hui Segera Ditutup

jpnn.com - SAMARINDA - Dukungan terhadap rencana Pemkot Samarinda untuk menutup lokalisasi Loa Hui di Kelurahan Harapan Baru, Loa Janan Ilir akhir Juni mendatang terus mengalir.

Maklum, lokasi tersebut memang sudah tak pantas lagi dipertahankan lagi, karena kini dikepung pemukiman warga. Untuk itu, bersamaan dengan desakan warga setempat untuk menutupnya, maka Pemkot diminta agar lebih sigap untuk menindaklanjutinya.

Menurut Pengamat Sosial Kemasyarakatan dari Universitas Mulawarman (Unmul), Prof DR Aji Ratna Kusuma, lokalisasi memang tidak pantas berdekatan dengan areal yang menjadi aktivitas masyarakat umum. Apalagi pemukiman warga yang notabene ada anak-anak bawah umur.

Jika kondisi tersebut terus dibiarkan, dikhawatirkan akan menjadi ancaman besar bagi mental anak bangsa. Karena jika tumbuh dan berkembang di lokasi yang menjadi areal prostitusi, maka akan membentuk kharakter yang kurang baik pula bagi masa depan anak.

“Namanya juga lokalisasi, ya harus dilokalisir dan jauh dari pemukiman warga. Artinya lokasinya harus terpisah. Tidak bisa didekatkan dengan pemukiman warga. Apalagi menjadi bagian dari pemukiman itu,” kata Aji Ratna kepada Sapos (Grup JPNN) kemarin.

Menurut guru besar Fisip Unmul itu, memang awalnya lokalisasi tersebut jauh dari pemukiman warga. Namun seiring perkembangan kota, sehingga telah banyak pemukiman di sana. Secara otomatis, lokalisasi tersebut harus mengalah dengan digeser ke lokasi lain yang jauh dari pemukiman warga. Harapannya, agar anak-anak tidak sampai terkontaminasi dengan pergaulan yang tidak sehat.

“Ya, sama seperti lokalisasi Air Hitam dulu. Karena sudah ramai sehingga dipindahkan ke Banyu Biru yang sekarang jadi kampus Universitas Widya Gama. Selanjutnya, karena di Banyu Biru itu banyak pemukiman, akhirnya digeser lagi ke Bayur. Sekarang di Bayur juga juga kelihatannya sudah mulai ramai pemukiman, sehingga sudah sepantasnya juga dipindahkan lagi ke lokasi lain,” urainya.

Menurut Aji Ratna, tidak ada kata lain bagi Pemkot Samarinda selain menutup Lokalisasi Loa Hui. Artinya, tidak perlu takut ataupun mengkhawatirkan jika bakal banyak yang menentang. Karena menurut Pembantu Dakan I Fisip Unmul itu, kebijakan dalam bentuk apapun tak bisa memuaskan semua pihak.

SAMARINDA - Dukungan terhadap rencana Pemkot Samarinda untuk menutup lokalisasi Loa Hui di Kelurahan Harapan Baru, Loa Janan Ilir akhir Juni mendatang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News