Mengubah Pola Pikir dari Pencari Kerja Menjadi Pencipta Lapangan Pekerjaan

Mengubah Pola Pikir dari Pencari Kerja Menjadi Pencipta Lapangan Pekerjaan
KERJA SAMA: Rektor Uhamka Prof Suyatno (kiri) menandatangani MoU disaksikan Dirut LLP-KUKM Ahmad Zabadi (dua dari kanan). LLP-KUKM menjalin kerja sama dengan Uhamka untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship pada mahasiswa. FOTO: ist

jpnn.com - JAKARTA – Banyak orang-orang muda kreatif yang memiliki bakat dan minat untuk berwirausaha. Termasuk para mahasiswa. Karena itulah Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka (Uhamka) mendukung mahasiswanya untuk berwirausaha dan menggerakkan dunia bisnis.

Kampus itu pun menggandeng Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kemenkop dan UKM sebagai mitra kerja untuk membentuk karakter mahasiswa yang berjiwa entrepreneur.

Kepala Pusat Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (PK2M) Uhamka, Dharmawati menuturkan, dengan kerja sama tersebut, salah satu tujuan yang ingin dicapai adalah membangun mental wirausaha mahasiswa. 

’’Nah, setelah itu, mereka bisa berani menciptakan unit bisnis baru yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi,’’ terangnya, Kamis (15/10).

Selain itu, dengan pertumbuhan pangsa pasar e-commerce di Indonesia, perkembangan UKM diyakini semakin sengit. Peluang itu tidak disia-siakan LLP-KUKM yang memiliki galeri produk KUKM, yakni Galeri Indonesia WOW.

Menurut Dirut LLP-KUKM Achmad Zabadi, lembaganya yakin dan cepat bergabung dalam transaksi melalui internet atau e-commerce. Apalagi yang ditawarkan kepada konsumen merupakan ribuan produk KUKM dengan banyak kategori.

’’Kami melihat perbedaan yang mencolok antara bisnis yang memanfaatkan IT dan yang tidak. Hasilnya sangat terasa,’’ jelas Zabadi.

Menurut Zabadi, LLP-KUKM memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, dan jiwa wirausaha (entrepreneurship) berbasis iptek kepada para mahasiswa. 

JAKARTA – Banyak orang-orang muda kreatif yang memiliki bakat dan minat untuk berwirausaha. Termasuk para mahasiswa. Karena itulah Universitas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News