Mengucap Bismillah, Jokowi Gratiskan Tol Suramadu

Mengucap Bismillah, Jokowi Gratiskan Tol Suramadu
Jembatan Suramadu. FOTO: Galih Cokro/Jawa Pos/JPNN

jpnn.com, SIDOARJO - Presiden Joko Widodo meresmikan pembebasan tarif Tol Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya-Madura, dalam kunjungan kerjanya ke Sidoarjo, Jawa Timur pada Sabtu (27/10).

Sebelumnya, tarif kendaraan golongan I diturunkan dari Rp 30.000 menjadi Rp 15.000, sementara kendaraan golongan V diturunkan dari Rp 90.000 menjadi Rp 45.000. Kini, tarif di tol yang dikelola PT Jasa Marga ini dihapuskan.

Acara peresmian pembebasan tarif tersebut dilakukan Jokowi, persis di atas Jembatan Suramadu. Saat itu, lajur yang mengarah dari Madura ke Surabaya, ditutup sementara.

Saat peresmian penghapusan tarif tol tersebut, Jokowi mengatakan kebijakan ini diambil atas aspirasi tokoh masyarakat, ulama dan kalangan dunia usaha Madura yang disampaikam sejak 2015.

Ketika itu, pemerintah baru memangkas tarif sebesar 50 persen saja.

"Pada hari ini saya memutuskan jalan tol Suramadu akan menjadi jembatan nontol biasa," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap dengan menjadikan Suramadu sebagai jalan non tol, pertumbuhan ekonomi Madura akan semakin baik.

"Investasi akan datang semakin banyak, properti, turisme akan berkebang di Madura. Pertumbuhan ekonomi akan kelihatan," jelasnya.

Sebelumnya, tarif kendaraan golongan I diturunkan dari Rp 30 ribu jadi Rp 15 ribu, sementara kendaraan golongan V diturunkan dari Rp 90 ribu menjadi Rp 45 ribu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News