Menhan Prabowo Soroti Soal Hutan di Indonesia

Menhan Prabowo Soroti Soal Hutan di Indonesia
Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyoroti sektor kehutanan di Indonesia agar bisa menciptakan sumber bisnis yang tinggi.

Ia berharap agar hutan Indonesia mampu menjadi sumber bisnis serta menciptakan lowongan pekerjaan.

"Ke depan, kehutanan Indonesia harus mampu menciptakan peluang-peluang dan terobosan-terobosan bisnis serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang luas, baik untuk rimbawan maupun masyarakat yang hidup di sekitar hutan," kata Prabowo.

Hal itu disampaikannya saat menyampaikan pidato dalam Rapat Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-57 Fakultas Kehutanan UGM, yang berlangsung secara daring dan dipantau di Yogyakarta, Jumat.

Prabowo mengatakan, Indonesia saat ini memiliki potensi 12,7 juta hektare program perhutanan sosial dalam kawasan hutan yang dapat dikembangkan menjadi areal kedaulatan pangan dan produksi material hutan kayu yang baik.

Dari potensi itu, sekitar 4,2 juta hektare di antaranya telah diberikan izin perhutanan sosial kepada kelompok tani baik di Jawa maupun di luar Jawa.

Sebagian areal tersebut atau sekitar 2 juta hektare dapat digunakan untuk areal tanaman pangan dari dalam kawasan hutan.

"Hal tersebut menunjukkan bahwa sektor kehutanan dapat memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi masyarakat di sekitar hutan," kata dia.

Menhan Prabowo Subianto menyoroti sektor kehutanan di Indonesia agar bisa menciptakan sumber bisnis yang tinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News