Menhan: Program Bela Negara Turut Mendukung Terwujudnya SDM Unggul

Menhan: Program Bela Negara Turut Mendukung Terwujudnya SDM Unggul
Irjen Kemhan Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan selaku Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8) di Lapangan Bhineka Tunggal Ika Kemhan, Jakarta. Foto: Puskom Publik Kemhan

jpnn.com, JAKARTA - Tema nasional peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 kali ini adalah "SDM Unggul Indonesia Maju".

Terkait tema tersebut khususnya dalam konteks pertahanan negara, Kementerian Pertahanan bersama TNI telah berhasil melaksanakan berbagai pembangunan di bidang pertahanan serta mencetak SDM unggul guna mewujudkan Indonesia maju.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan salah satu keberhasilan Kemhan dan TNI adalah telah melaksanakannya penanaman lima nilai bela negara di seluruh wilayah Indonesia. Penanaman Kesadaraan Bela Negara yang tentunya berpengaruh terhadap kesadaran masyarakat dalam mendukung pembangunan nasional dalam membangun SDM yang unggul untuk Indonesia Maju.

Hal tersebut disampaikan Menhan dalam sambutan tertulis dibacakan oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kemhan Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan selaku Inspektur Upacara Memperingati Hari Ulang Tahun Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Sabtu (17/8) di Lapangan Bhineka Tunggal Ika Kemhan, Jakarta.

BACA JUGA: Gadis Cantik Pembawa Baki Bendera Merah Putih Ini Terharu

Menhan: Program Bela Negara Turut Mendukung Terwujudnya SDM Unggul

Lebih lanjut Menhan mengatakan penanaman nilai-nilai bela negara dipercaya ampuh untuk menangkal ancaman degradasi terhadap Pancasila. Kemhan dan TNI pada tahun 2019 teIah membentuk sebanyak sekitar 83.458.360 kader bela negara.

Upaya ini dapat mewujudkan SDM Indonesia unggul yang memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban, taat pada aturan hukum, disiplin, serta bekerja profesional sesuai bidang pengabdiannya.

Menurut Menhan, SDM unggul adalah manusia Indonesia yang lahir dan tumbuh dalam kondisi kesehatan yang baik, mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan memiliki karakter kuat, sehingga siap bersaing di tengah situasi global yang kompetitif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News