Menhub: Arus Balik Relatif Lancar dan Terkendali Berkat Berbagai Langkah Antisipatif

Menhub: Arus Balik Relatif Lancar dan Terkendali Berkat Berbagai Langkah Antisipatif
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Kebudayaan Muhadjir Effendy bersama Menteri Per Budi Karya saat meninjau Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Minggu (14/4). Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan, Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika dan Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi. Foto: Dokumentasi Humas ASDP

jpnn.com, BAKAUHENI - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan kondisi arus balik Lebaran 2024 terpantau lancar dan terkendali.

"Alhamdulillah dengan adanya beberapa langkah antisipasi yang dilakukan kemarin, hari ini layanan arus balik terlihat relatif landai," ujar Menhub Budi Karya dalam keterangan yang diterima, Senin (15/4).

Sebelumnya, bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menhub Budi Karya kembali menggelar Rapat Koordinasi Lanjutan dan Tinjauan Lapangan Layanan Arus Balik Lebaran 2024 dari Pulau Sumatra ke Jawa di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Minggu (14/4).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan, Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika dan Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi.

Sejumlah langkah antisipasi yang dimaksud Menhub Budi Karya, antara lain menambah jumlah kapal yang dioperasikan dari 131 menjadi 146 trip, serta pembuatan war room atau ruangan yang menyajikan data dan informasi aktivitas pelabuhan secara digital.

Selanjutnya, pengoperasian kapal dari Pelabuhan Panjang ke Pelabuhan Ciwandan dengan daya angkut 1.445 unit kendaraan kecil.

“Saat ini pada arus balik, kapal dari Pelabuhan Ciwandan sudah ke Pelabuhan Panjang. Lalu kita memiliki war room, semua stakeholder hadir, dengan satu layar yang memantau keberangkatan kapal sehingga tidak ada delay berarti,” ujar Menhub Budi Karya.

Menko PMK Muhadjir Effendy menambahkan dalam mendukung kelancaran arus balik Lebaran, pemerintah telah melakukan antisipasi dan upaya maksimal, namun kondisi di lapangan tetap mengacu pada faktor yang sulit untuk direkayasa, di antaranya cuaca dan gelombang.

Menhub Budi Karya menyebut berkat berbagai langkah antisipatif, arus balik Lebaran 2024 relatif lancar dan terkendali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News