Puncak Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni, Irjen Helmy Santika Beri Imbauan Begini

Puncak Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni, Irjen Helmy Santika Beri Imbauan Begini
Antrean kendaraan di dermaga Pelabuhan Bakauheni untuk menaiki kapal guna menyeberang ke Pulau Jawa pada masa arus balik Lebaran 2024, Senin (15/4). Foto: Dian Hadiyatna/Antara

jpnn.com, LAMPUNG SELATAN - Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika menyebut puncak arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan masih terkendali meskipun volume kendaraan terjadi peningkatan.

"Berdasarkan pantauan kami memang, ada peningkatan volume kendaraan yang datang ke Pelabuhan Bakauheni pada malam ini, namun semua masih terkendali hingga kini," kata Irjen Helmy Santika dikutip Senin (15/4).

Helmy menyampaikan melihat data yang tercatat pada hari sebelumnya, diperkirakan lebih dari 30 ribu kendaraan yang akan menyeberang ke Pelabuhan Merak pada Minggu malam.

"Meski demikian arus lalu lintas masih dalam kondisi normal, ataupun padat lancar. Kepolisian telah mengatur strategi agar pemanfaatan kantung-kantung parkir di dermaga bisa optimal," ujarnya.

Dia menegaskan pihaknya belum memberlakukan sistem tunda (delaying system) dan hingga kini. Status Pelabuhan Bakauheni masih hijau (normal).

"Ada juga peningkatan volume lalu lintas di jalan tol Lampung mulai dari akses masuk rest area KM 20B. Namun di sana juga sudah kami atur strategi agar di rest area tersebut tidak terlalu padat," terangnya.

Rest area KM 20B ini juga menjadi screening tiket terakhir sebelum pemudik masuk pelabuhan sehingga jika belum memiliki tiket diwajibkan melakukan pembelian di rest area ini.

"Kami imbau agar masyarakat tetap bersabar. Kondisi memang ramai namun mengalir. Jangan terburu-buru sehingga melupakan keselamatan," pesan Irjen Helmy Santika.

Simak imbauan Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika terkait terjadinya peningkatan volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News