Menhub Bahas Sejumlah Kerja Sama dengan Duta Besar Jepang, Apa Saja?

Menhub Bahas Sejumlah Kerja Sama dengan Duta Besar Jepang, Apa Saja?
Menhub Budi Karya Sumadi membhasa sejumlah kerja sama dengan Duta Besar Jepang. Foto: arsip JPNN.COM/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengadakan pertemuan bilateral dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji untuk membahas peluang kerja sama transportasi.

Budi Karya menyampaikan sejumlah hal kepada Dubes Kanasugi Kenji, yaitu pertama, terkait peluang kerja sama melalui skema pembiayaan Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"KPBU tersebut pada sejumlah proyek infrastruktur transportasi di Indonesia," katanya dalam keterangan resminya, di Jakarta, Kamis (11/2).

Kedua, dukungan Kemenhub terhadap keterlibatan perusahaan Jepang untuk menjadi bagian dari konsorsium Badan Usaha Pelabuhan (BUP) proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) untuk penyediaan suprastruktur.

"Ditujukan sebagai operator di Pelabuhan Patimban," ujar Budi Karya.

Ketiga, dia menyampaikan peluang kerja sama di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Budi Karya berharap Pemerintah Jepang dapat memberikan dukungan lebih lanjutnya terkait program capacity building bagi sumber daya manusia.

"Pelatihan ini untuk operator di Pelabuhan Patimban,” katanya.

Menhub bertemu denga Duta Besar Jepang membahas sejumlah kerja sama. Setidaknya ada tujuh hal yang dibahas untuk proyek transportasi nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News