Menhub Bangga Gerbong Buatan PT INKA Jadi Pilihan Negara Maju

Menhub Bangga Gerbong Buatan PT INKA Jadi Pilihan Negara Maju
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas secara simbolis ekspor tahap pertama bagian dari sebanyak 262 gerbong barang jenis container flat top wagon buatan PT INKA (Persero) untuk Kiwi Rail ke Selandia Baru. Foto: BKIP Kemenhub

jpnn.com, MADIUN - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas secara simbolis ekspor tahap pertama bagian dari sebanyak 262 gerbong barang jenis container flat top wagon buatan PT INKA (Persero) untuk Kiwi Rail ke Selandia Baru.

"Hari ini kita akan meluncurkan dua dari 262 (gerbong) menuju New Zealand. Ini menjadi suatu kebanggaan, seperti kita ketahui, New Zealand merupakan negara maju yang memberikan kesempatan pada kita. Karenanya, Kementerian Perhubungan memberikan dukungan penuh agar kegiatan ini berlangsung dengan baik," ujar Menhub Budi saat pelepasan di INKA Madiun, Jawa Timur, Jumat.

Menhub menyatakan kebanggaannya atas capaian PT INKA (Persero) telah mampu menciptakan produk yang dapat bersaing di pasar internasional.

"Kita harus bangga, anak bangsa mampu mengekspor produk yang memiliki nilai strategis dan ekonomi yang tinggi," kata Menhub.

Menurutnya, upaya tersebut sejalan dengan keinginan Presiden RI Joko Widodo agar produk dalam negeri karya anak bangsa terus diproduksi untuk menambah ekspor negara.

Menhub mengungkapkan, PT INKA tidak hanya membuat gerbong kereta api, tetapi juga membuat bus listrik yang akan disiapkan untuk perhelatan KTT G20 di Bali dan pembuatan kontainer untuk kapal tol laut di wilayah Indonesia timur.

"Semua itu adalah barang produktif yang memberikan dukungan investasi, dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan ekspor negara," kata dia.

Menhub Budi berpesan kepada PT INKA agar terus menjaga kualitas dan harga, yang dapat meningkatkan daya saing produknya di luar negeri.

Menhub menyatakan kebanggaannya atas capaian PT INKA (Persero) telah mampu menciptakan produk yang dapat bersaing di pasar internasional.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News