Menhub Berharap Stakeholders Pelabuhan Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional

Menhub Berharap Stakeholders Pelabuhan Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional
Menhub Budi Karya Sumadi Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Para pelaku di bidang kepelabuhanan diharapkan bisa membantu pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat Rakernas dan Webinar Nasional bertema 'Peran Pelabuhan Sebagai Katalisator Pemulihan Perekonomian Setelah Pandemi Covid 19'.

Acara tersebut juga sekaligus memperingati HUT ke-6 Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI), Sabtu (20/2).

"Pelabuhan menjadi pengerak perekonomian nasional, karena sebagai titik simpul jaringan tranportasi laut dan sebagai pintu gerbang perdagangan. Kami berharap ABUPI membantu pemerintah di sektor maritim dengan meningkatkan fasilitas dan pelayanannya yang pada akhirnya dapat meningkatan perekonomian nasional," kata Budi.

Pada 2020 di tengah kondisi pandemi Covid-19, kinerja pelabuhan terkena dampak yang cukup tajam.

Namun Budi menekankan, pemerintah terus berupaya memastikan kegiatan pelabuhan tidak terganggu untuk mendukung pergerakan perekonomian. 

Karena itu, dirinya mengajak semua stakeholder terkait di sektor maritim untuk tetap optimis dengan melakukan kolaborasi guna mempercepat pemulihan perekonomian nasional.

Budi juga mengajak pihak terkait dan stakeholder pelabuhan untuk bangkit bersama mengejar mimpi memiliki pelabuhan yang berdaya saing bisa terwujud. 

Pelabuhan menjadi pengerak perekonomian nasional, karena sebagai titik simpul jaringan tranportasi laut dan sebagai pintu gerbang perdagangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News