Menhub Budi Pastikan Bandara Kertajati Siap Melayani Penerbangan Haji 2023

Menhub Budi Pastikan Bandara Kertajati Siap Melayani Penerbangan Haji 2023
Suasana Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. ANTARA/HO-Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub.

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat,  sebagai salah satu bandara embarkasi dan debarkasi haji.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, siap melayani penerbangan haji 2023. Menhub Budi pun melakukan peninjauan di Bandara Kertajati, Minggu (19/3). 

"Setelah ditetapkan, nanti akan ada sekitar 20 kloter atau sekitar 7.000 sampai dengan 8.000 jemaah haji yang berasal dari Kabupaten Subang dan sekitarnya yang akan berangkat dari Bandara Kertajati," kata Menhub Budi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (20/3).

Sebanyak 20 kloter atau sekitar 7.000-8.000 jemaah haji yang akan berangkat dari Bandara Kertajati berasal berasal dari tujuh kabupaten/kota, yaitu Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Majalengka, Indramayu, Kuningan, Subang, dan Sumedang. Para calon haji tersebut akan diberangkatkan pada musim haji 2023/1444 Hijriah sekitar Juni 2023.

Sebanyak 21 hingga 23 penerbangan yang membawa jemaah calon haji dari Bandara Kertajati itu telah dikonfirmasi oleh Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi atau General Authority of Civil Aviation (GACA) of Saudi Arabia, yang disampaikan melalui surat kepada Kemenhub melalui Atase Perhubungan Indonesia di Jeddah.

Menhub Budi menyatakan ketersediaan slot penerbangan di Bandara Kertajati juga masih sangat banyak yang bisa dimanfaatkan untuk melayani penerbangan umrah pada masa Lebaran 2023.

"Sepuluh hari menjelang Lebaran biasanya banyak jemaah yang ingin berangkat umrah. Di Bandara Kertajati ini slot-nya unlimited, jadi, bisa kita terima berapa pun," ungkap Budi.

Selain itu, dia menambahkan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR menyatakan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan mulai beroperasi pada pertengahan April mendatang, yang diharapkan makin melancarkan pergerakan masyarakat dari dan ke Bandara Kertajati.

Menhub Budi memastikan Bandara Kertajati siap melayani penerbangan haji pada 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News