Menhub: Januari 2020 Pembebasan Lahan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Ditargetkan Selesai

Menhub: Januari 2020 Pembebasan Lahan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Ditargetkan Selesai
Foto udara konstruksi untuk perlintasan Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Buahbatu, Bandung Jawa Barat, Rabu (25/9/2019). Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww

jpnn.com, JAKARTA - Pembebasan lahan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ditargetkan rampung pada Januari 2020. Saat ini pembebasan lahan menyisakan hanya tinggal sekitar satu persen.

"Tinggal sedikit saja, makanya ditargetkan akhir pertengahan Januari selesai sudah," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi usai rapat koordinasi di Kemenko Kemaritiman dan Investasi Jakarta, Senin (23/12).

Budi mengatakan, pembebasan lahan harus bisa rampung bulan depan agar konstruksi bisa berjalan dengan baik dan mencapai target untuk bisa beroperasi pada 2021.

Ia juga mengapresiasi langkah tegas Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang memberikan dukungan penuh dalam proses tersebut.

"Dan menurunkan tim untuk melakukan pembebasan tanah," katanya.

Budi menambahkan, pihaknya menyambut positif inisiatif pemerintah dan PT KAI (Persero) yang akan membuat akses dari Tegalluar hingga ke Kota Bandung untuk memfasilitasi pengguna layanan kereta cepat nantinya.

Meski demikian, Budi tak menjelaskan lebih rinci soal rencana perpanjangan lintasan kereta tersebut.

"Saya pikir ini suatu yang baik, KAI bersama pemerintah juga akan membuat jalan dari Tegalluar ke Bandung kota. Nanti ada jalan kereta double track, sehingga orang yang dari Tegalluar bisa ke (pusat) kota," katanya. (antara/jpnn)

Pembebasan lahan kereta cepat Jakarta-Bandung harus bisa rampung bulan depan agar konstruksi bisa berjalan dan mencapai target beroperasi pada 2021.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News