Menhub: Kalau Bisa Balik Jakarta Tanggal 2 Januari Saja

Menhub: Kalau Bisa Balik Jakarta Tanggal 2 Januari Saja
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

jpnn.com - JPNN.Com - Warga memanfaatkan momen libur Natal dan pergantian tahun untuk ke luar kota. Momen itu juga dimanfaatkan untuk pulang kampung alias mudik.

Pemerintah pun sudah menyiapkan antisipasi untuk arus balik. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, puncak arus balik dari libur panjang akan terjadi pada tanggal 1 Januari 2017 mendatang.

Karenanya Budi menyarankan agar masyarakat tidak memaksakan kembali dari kampung halamannya pada tanggal itu. "Saya mengimbau bagi mereka yang menggunakan pesawat atau kereta api dan bus agar kalau bisa tanggal 2 Januari," ujar Budi di kantor Kemenhub, Jakarta, Minggu (25/12).

Mantan direktur utama PT Angkasa Pura II itu juga meminta pemudik untuk menggunakan jalur altenatif lain saat kembali ke Jakarta. Hal itu guna menghindari terjadinya penumpukan kendaraan di Tol Cipali.

"Jangan mengandalkan Cipali karena masih ada jalur selatan.‎ Mereka yang di Surabaya dan Semarang juga bisa menggunakan kapal karena informasinya masih kosong sekitar 20 persen," katanya.

Pria asal Pelembang, Sumatera Selatan itu mengaku pihaknya terus bekerja sama dan berkomunikasi dengan aparat kepolisian dan Jasa Marga untuk memantau arus balik pada tanggal 1 Januari 2017 itu. "Kalau di daerah itu kan biasanya ada pasar tumpah sehingga dapat dicari solusinya," pungkasnya.(cr2/JPG)

JPNN.Com - Warga memanfaatkan momen libur Natal dan pergantian tahun untuk ke luar kota. Momen itu juga dimanfaatkan untuk pulang kampung alias mudik.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Sumber JawaPos.Com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News