Menhub Memaparkan Upaya Percepatan Pemulihan Sektor Transportasi, Silakan Disimak

Menhub Memaparkan Upaya Percepatan Pemulihan Sektor Transportasi, Silakan Disimak
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam Rapat Kerja Sektor Transportasi Nasional 2022. Foto: Humas Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkap sejumlah strategi pembangunan sektor transportasi yang dilakukan pada 2022.

Strategi tersebut diharapkan dapat mendorong percepatan pemulihan sektor transportasi akibat pandemi Covid-19 dan turut mendorong pemulihan ekonomi Indonesia.

“Sudah banyak upaya dan capaian yang kami lakukan di sektor transportasi, termasuk saat pandemi, seperti pembangunan sejumlah bandara, pelabuhan, terminal, stasiun, juga sarana transportasi seperti MRT, LRT, dan kereta bendara,'' ucap Budi.

Namun, pihaknya tidak lantas berpuas diri dan akan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan jasa transportasi kepada masyarakat.

Hal itu dikatakan Menhub Budi Karya saat membuka Rapat Kerja Sektor Transportasi Nasional Tahun 2022 bertema Sinergi dan Kolaborasi Bersama Mewujudkan Transformasi Struktural Sektor Transportasi Menuju Konektivitas Nasional Yang andal, Profesional, dan Berkelanjutan yang digelar secara daring pada Rabu (23/2).

Menhub menyebutkan, diperlukan kebijakan dan strategi yang tepat untuk mengatasi tantangan yang ada di sektor transportasi, seperti keterbatasan fiskal APBN, meningkatnya kebutuhan pendanaan infrastruktur transportasi, dan belum optimalnya pelayanan transportasi yang terintegrasi.

Selain itu, kurangnya tingkat kesadaran akan keselamatan transportasi hingga pengembangan transportasai berkelanjutan yang ramah lingkungan guna menghadapi isu pemanasan global dan perubahan iklim.

Sejumlah strategi yang akan dilakukan adalah mengoptimalkan penerapan pendanaan kreatif non-APBN melalui Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) untuk pemenuhan kebutuhan infrastruktur transportasi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan sejumlah strategi pembangunan sektor transportasi yang dilakukan pada 2022

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News