Menhub Minta Indeks Kinerja Logistik Indonesia Naik

Menhub Minta Indeks Kinerja Logistik Indonesia Naik
Menhub Budi Karya Sumadi. Foto dok Humas Kemenhub

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta agar Indeks Kinerja Logistik Indonesia tahun ini bisa ditingkatkan.

Hal tersebut disampaikan Budi usai memberikan sambutan dan meresmikan acara Southeast Asia's First Integrated Supply Chain Exhibition & Conference di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Kamis (2/3) kemarin.

Budi mengatakan, untuk mencapai Indeks Kinerja Logistik yang baik, Indonesia harus mampu mengelola logistik secara nasional. Para Pemain, Asosiasi, BUMN, dan Swasta harus punya ruang usaha yang baik, di antaranya dengan mendapatkan keuntungan, memberikan lapangan pekerjaan yang banyak, sehingga proses bisnis dapat berjalan kondusif.

“Secara sederhana saja, dalam suatu industri, kalau pemainnya tidak profesional, pemainnya tidak ada koneksitas internasional, maka kemampuannya tidak akan berkembang. Para pemain di sini sudah terkoneksi secara internasional. Nah, ini yang akan mejadi lompatan (quantum leap) dari industri logistik di Indonesia," papar Budi.

Integrasi jaringan logistik utama antara ASEAN dan Indonesia bisa dilakukan dengan memanfaatkan titik konsolidasi Tol Laut dan pelabuhan hub internasional.

Dan beberapa hal yang harus diperhatikan bila Indonesia menjadi hub, yakni pemain, sarana dan letak.

“Nanti pada saat pemainnya bagus, sarana sudah bagus, letaknya bagus, maka InsyaAllah kita akan jadi pemain atau hub di beberapa tempat," tandas Budi.(chi/jpnn)


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta agar Indeks Kinerja Logistik Indonesia tahun ini bisa ditingkatkan.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News