Menhub: Perlu Tingkatkan SDM Udara

Menhub: Perlu Tingkatkan SDM Udara
Ilustrasi. Pesawat yang sedang parkir di bandara. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta Ditjen Hubungan Udara berkomitmen penuh dalam menciptakan sinergi antara stakeholder penerbangan nasional untuk mencapai standar keselamatan, keamanan dan pelayanan.

“Pemerintah mempunyai program kerja Nawacita dan keberhasilan Nawacita bisa terwujud dengan dukungan transportasi yang berkeselamatan, berkeamanan dan berorientasi pada pelayanan publik yang berkelanjutan baik secara ekonomi maupun lingkungan,” ujar Budi dalam siaran persnya.

Hal lainnya yang disampaikan Budi dalam sambutannya yakni meminta Ditjen Hubud untuk membatasi sekolah pilot yang ada saat ini.

"Sekolah pilot yang ada akan kami batasi jumlahnya. Untuk pilot yang masih belum bekerja akan kami didik dengan seleksi dan kami minta untuk diterima (airline). Pendidikan ini akan kami bicarakan dengan airline," tutur Budi.

Budi menambahkan industri transportasi udara memainkan peran utama dalam kegiatan ekonomi dunia dan untuk tetap mempertahankan pertumbuhannya dibutuhkan elemen-elemen kunci oleh penerbangan sipil.

“Industri transportasi merupakan sub sektor transportasi yang tumbuh paling pesat di dunia, untuk tetap mempertahankan pertumbuhan yang tinggi tersebut, elemen-elemen kunci yang dibutuhkan oleh penerbangan sipil di antaranya adanya kepastian terhadap keselamatan penerbangan, keamanan penerbangan, pelayanan, dan efisiensi serta teknologi ramah lingkungan di tingkat global, regional dan nasional,” tandasnya.(chi/jpnn)

Nantinya sekolah pilot di Indonesia akan dibatasi jumlahnya.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News