Menhub Temukan Beberapa Airline tak Penuhi Prosedur

Menhub Temukan Beberapa Airline tak Penuhi Prosedur
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto dok Humas

jpnn.com - JPNN.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melakukan pemeriksaan fasilitas kesehatan maskapai penerbangan nasional di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Hasilnya, ditemukan maskapai yang tidak menjalankan prosedur sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kami menemukan ada beberapa airline yang tidak memenuhi prosedur dan oleh karenanya kami akan memberikan surat teguran,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Nah bagi airline yang belum menjalankan SOP sesuai ketentuan yang berlaku, Kemenhub memberikan waktu satu bulan terhadap maskapai penerbangan untuk melakukan perbaikan.

Adapun yang tidak sesuai ketentuan yakni terkait pemeriksaan kondisi pilot dan crew pesawat yang akan terbang, di mana diketemukan pemeriksaan dilakukan oleh pribadi (awak maskapai) yang bersangkutan.

"Seharusnya dilakukan oleh tenaga medis bukan pribadi sesuai ketentuan," kata Budi.

Dengan adanya temuan ini, Budi meminta seluruh maskapai untuk memberlakukan prosedur baru dengan melibatkan operator bandara.


JPNN.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melakukan pemeriksaan fasilitas kesehatan maskapai penerbangan


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News