Menhub Terpesona dengan Bandara Blimbingsari Banyuwangi

Menhub Terpesona dengan Bandara Blimbingsari Banyuwangi
Menhub Budi Karya Sumadi dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas meninjau Bandara Blimbingsari Banyuwangi. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam mengembangkan bandara.

Saat berkunjung ke Bandara Blimbingsari Banyuwangi, Sabtu (31/12), Budi melihat hasil kreativitas Banyuwangi. Blimbingsari disulap menjadi terminal bandara berkonsep hijau pertama di Indonesia. Terminal itu sendiri kini tengah memasuki finalisasi akhir sebelum diresmikan awal 2017.

Menhub melihat Bandara Blimbingsari bukan semata-mata sebagai sarana aksesibilitas, tapi juga pendongkrak pariwisata.

"Saya mengapresiasi kreasi Bandara Banyuwangi yang bisa dijadikan ikon wisata, bukan semata-mata infrastruktur transportasi. Ini memberikan harapan baru bagi Indonesia yang tengah mendorong pariwisata," kata Budi.

Di tengah fokus pemerintah pusat yang sedang gencar mengembangkan pariwisata, munculnya inisiasi green airport ini sangat menunjang perkembangan wisata di Indonesia. "Saya yang pernah jadi pengelola bandara, saya merasa ide ini sangat dahsyat. Detail-detail pengerjaannya sangat cantik, bikin pikiran fresh," ujar Budi yang merupakan mantan dirut PT Angkasa Pura II, pengelola bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, Bandara Soekarno-Hatta.

Bandara Blimbingsari Banyuwangi kini memang mempunyai terminal baru dengan arsitektur hijau yang unik dan bernuansa etnik. Terminal berkapasitas 250.000 penumpang per tahun ini diharapkan menjadi ikon baru yang mendukung pariwisata.

Selain tampil dengan arsitektur penuh estetika, terminal ini mengedepankan penghematan energi dengan pendekatan konsep rumah tropis yang mengutamakan penghawaan udara alami alias tanpa air conditioner/AC, namun tetap sejuk dengan penanaman berbagai jenis tanaman dan konservasi air.

Desain interior terminal juga dikonsep minim sekat untuk menggaransi kelancaran sirkulasi udara dan sinar matahari. Di dalam terminal juga terdapat kolam-kolam ikan yang berfungsi mengurangi tekanan udara, sehingga suhu ruang tetap sejuk.

JPNN.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam mengembangkan bandara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News