Menhut Lapor ke Panglima TNI

Menhut Lapor ke Panglima TNI
Menhut Lapor ke Panglima TNI
JAKARTA - Temuan peneliti Universitas Indonesia (UI) tentang pembalakan liar yang melibatkan oknum TNI direspon serius oleh Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan. Orang nomor satu di Kementerian Kehutanan itu akan melaporkan langsung masalah itu pada Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso.

"Itu temuan serius. Saya akan segera berkoordinasi dengan Panglima TNI," ujar Menhut Zulkifli Hasan, kepada Jawa Pos, Senin (1/2). Zulkifli mengaku sudah mendengar adanya laporan itu. "Cukong-cukong itu memang sengaja memanfaatkan kesempatan," katanya.

Tim peneliti UI yang dipimpin Tirta Nugraha Mursitama PhD, menemukan keterlibatan oknum TNI dalam laporan berjudul "Keterlibatan Militer dalam Praktik Bisnis Ilegal di Perbatasan Indo Malaya: Studi Kasus Pembalakan Liar Di Kaltim". Dari temuan di lapangan, ada dua pola utama keterlibatan TNI. Yang pertama, pola pembalakan liar dengan modus izin pemanfaatan kayu rakyat. Kedua, pola pembalakan liar dengan modus upeti, pembiaran dan perlindungan.

Dalam riset tersebut juga ditemukan fakta, kegiatan pembalakan liar secara terpusat dibiayai cukong, atau yang juga dikenal dengan sebutan 'toke', yang disalurkan kepada pelaku pembalakan liar yang biasanya berupa PT maupun koperasi.

JAKARTA - Temuan peneliti Universitas Indonesia (UI) tentang pembalakan liar yang melibatkan oknum TNI direspon serius oleh Menteri Kehutanan (Menhut)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News