Menjaga Ekosistem dan Ketahanan Air, 2 BUMN Bekolaborasi Lakukan Penghijauan

Menjaga Ekosistem dan Ketahanan Air, 2 BUMN Bekolaborasi Lakukan Penghijauan
PT Indra Karya bersama Perum Jasa Tirta I berkolaborasi menanam pohon dengan tema Green Collaboration. Foto dok. Indra Karya

jpnn.com, JAKARTA - PT Indra Karya bersama Perum Jasa Tirta I berkolaborasi menanam pohon dengan tema Green Collaboration.

Kegiatan di Desa Sumberpetung, Kabupaten Malang, Jawa Timur ini untuk mendukung ketahanan air nasional dan menjaga lingkungan terutama kelestarian alam.

“Kolaborasi TJSL melalui penanaman pohon ini merupakan salah satu penunjang keberlangsungan ekosistem yang mendorong ketahanan air nasional dan sebagai upaya konkret perseroan dalam menjaga lingkungan dan berdampak secara berkelanjutan bagi masyarakat,” ujar Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) Gok Ari Joso Simamora dalam keterangannya dikutip Sabtu (9/12).

Melalui program kolaboratif kedua BUMN bersama masyarakat ini diharapkan dapat mendorong peningkatan penghijauan dan memperbaiki kualitas udara di wilayah Malang, Jawa Timur.  Sebanyak 100 pegawai BUMN ini turut hadir meramaikan kegiatan yang dilakukan dalam merayakan Hari Menanam Pohon Nasional tersebut.

Dalam aspek ekonomi, kegiatan ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat desa dari hasil pohon yang ditanam, yakni berupa 400 bibit, berupa 160 bibit pohon durian, 160 bibit alpukat dan mangga 80 bibit.

"Ditanam di tanah kas desa dan pekarangan milik penduduk Desa Sumberpetung,” terangnya. 

Lokasi itu berbatasan langsung dengan Spoilbank Bendungan Sutami yang dikelola oleh Perum Jasa Tirta I. Hal ini merupakan salah satu kontribusi jangka panjang Indra Karya dalam penyediaan akses sumber daya air yang memadai untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat Kabupaten Malang.

Sementara itu, Kepala Desa Sumberpetung H. Hamim Achmad menyambut baik kolaborasi antara BUMN dan masyarakat desa. Juga berkomitmen meningkatkan pelestarian lingkungan dengan memelihara tanaman produktif. 

Menjaga ekosistem dan ketahanan air, 2 BUMN berkolaborasi melakukan penghijauan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News