Menjaga Perairan NKRI, Bea Cukai Gelar Operasi Laut Gabungan

Menjaga Perairan NKRI, Bea Cukai Gelar Operasi Laut Gabungan
Bea Cukai terus bersinergi dengan aparat penegak hukum lain menggelar operasi laut gabungan menjaga perairan NKRI. Foto: Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai bersinergi dengan beberapa instansi maritim menggelar patroli laut gabungan demi menjaga perairan NKRI. Kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi dalam pengawasan laut mengingat luas dan rawannya kejahatan melalui perairan di Indonesia.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai Sudiro mengatakan bahwa sinergi operasi patroli laut ini dilakukan demi mengamankan wilayah perairan Indonesia dari tindakan penyelundupan, kejahatan transnasional dan pidana lain yang dapat merugikan negara dan masyarakat.

“Pelanggaran hukum di laut meliputi banyak sekali aspek sehingga memerlukan sinergi dalam penanganan, mengingat adanya keterbatasan kewenangan yang dimiliki oleh masing-masing penegak hukum,” kata Sudiro.

Bea Cukai Jambi bersama Ditpolairud Polda Jambi serta Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Jambi melaksanakan operasi patroli laut gabungan sejak 8-19 Juni 2021 untuk mengawasi perairan di sepanjang pesisir pantai timur Sumatera.

Tim fokus melakukan pengawasan dan pencegahan terhadap penyelundupan barang atau pelanggaran ketentuan perundang-undangan.

Bea Cukai Bandar Lampung bersama Kanwil Bea Cukai Sumatera Bagian Barat, Direktorat Polairud Polda Lampung dan KPLP Provinsi Lampung melaksanakan apel Selasa (8/6) di Dermaga B Pelabuhan Panjang.

Apel ini dalam rangka pembukaan dan pelepasan para awak kapal yang akan melaksanakan sinergi operasi patroli laut.

Dengan tetap mengusung konsep unity of effort, patroli laut gabungan ini akan fokus untuk melakukan operasi di perairan Provinsi Lampung dan sekitarnya.

Bea Cukai bersama instansi lain menggelar operasi laut gabungan untuk menjaga perairan NKRI dari berbagai bentuk kejahatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News