Menjelang HUT ke-65, Pertamina Perkuat Aspek ESG untuk Bisnis Berkelanjutan

Menjelang HUT ke-65, Pertamina Perkuat Aspek ESG untuk Bisnis Berkelanjutan
PT Pertamina (Persero) terus menjalankan operasional bisnis yang lebih ramah lingkungan, peduli, dan bertanggungjawab secara sosial, serta tata kelola. Foto: dok Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) terus menjalankan operasional bisnis yang lebih ramah lingkungan, peduli, dan bertanggungjawab secara sosial, serta tata kelola yang baik.

Salah satunya ialah penerapan aspek Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis perusahaan dari hulu hingga hilir.

Aspek ESG Pertamina itu diterjemahkan dalam 10 fokus keberlanjutan dan 16 inisiatif yang sejalan dengan Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainability Development Goals-SDGs).

"Di usia menjelang 65 tahun, kami berkomitmen untuk menjalankan bisnis berkelanjutan karena didorong oleh kesadaran untuk tidak mengorbankan kemampuan generasi mendatang dalam memenuhi kebutuhan mereka," ujar Pjs. Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Heppy Wulansari.

Di bidang lingkungan, Pertamina mendukung Pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) dengan mengembangkan peta jalan meliputi dua pilar, yakni dekarbonisasi aset dan membangun bisnis hijau.

Kemudian tiga enabler, yaitu pelaporan dan penghitungan karbon, penguatan kapabilitas dan organisasi, dan keterikatan pemangku kepentingan.

Sejalan dengan itu, Pertamina menjalankan delapan inisiatif transisi energi dalam rangka memproduksi Energi Baru Terbarukan.

Melalui berbagai inisiatif tersebut, Pertamina menargetkan pengurangan emisi sebesar 30% pada 2030.

PT Pertamina (Persero) terus menjalankan operasional bisnis yang lebih ramah lingkungan, peduli, dan bertanggungjawab secara sosial, serta tata kelola.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News